Sabtu, 05 Januari 2013

REVIEW JURNAL 2.3 Ekonomi Koperasi


ANALISIS DINAMIKA  ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN  KOPERASI SIMPAN PINJAM ETAM MANDIRI SEJAHTERA

Oleh :
 Midiansyah Effendi
Program Studi Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,  Universitas  Mulawarman, Samarinda 75123 
IV. KESIMPULAN  DAN SARAN

A.Kesimpulan
 Hasil analisis dinamika organisasi  koperasi simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.  Organisasi koperasi simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera, pada dasarnya tergolong baik dalam dinamika organisasinya. Meskipun masih memerlukan perhatian pada variabel yang masih rendah dan perlu ditingkatkan untuk pencapaian tujuan organisasi ini, hasil analisis kualitatif menggambarkan bahwa :
 a.  Taksonomi organisasi pada dasarnya tidak mendukung  pencapaian tujuan organisasi, namun akan lebih baik lagi apabila tujuan yang telah ditetapkan dapat digunakan sebagai panduan untuk melangkah secara tegas dan jelas serta dijabarkan dalam dimensi waktu.
 b.  Struktur tugas dapat dikatakan berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan, tetapi  belum dimanfaatkan  secara optimal, terutama pada struktur komunikasi dan struktur tugas.
 c.  Pada proses organisasi ada beberapa fungsi masih belum efektif, sehingga perlu dilakukan pembinaan yang lebih baik terhadap anggota,  terutama pada hubungan antar peran dan fungsi koordinasi.
 d. Keadaan individu dalam organisasi hampir semua aspek dapat dikatakan tergolong baik, tetapi perlu dilakukan pembinaan terhadap semua aspek agar menjadi lebih baik.
 2. Kepemimpinan pada organisasi koperasi  simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera ditandai dengan :
a.  Bagi kepemimpinan berorientasi tugas dan sedikit kepada hubungan baik dengan anggota, jika selalu berorientasi kepada tugas dan sedikit kepada hubungan baik, maka harus dapat menyesuaikan dengan situasi.
b.  Ragam kepemimpinan adalah tergolong dalam jenis kepemimpinan formal.
c.  Dalam pelaksanaannya, belum semua fungsi kepemimpinan dapat dilaksanaakan seperti analisis
organisasi dan tujuannya, memberi motivasi dan pengawasan anggota untuk mencapai tujuan organisasi, dan menimbulkan rasa persatuan.
d.  Pemimpin memiliki ciri-ciri kepemimpinan yang baik, namun belum melakukan pengawasan dan pengendalian secara lebih ketat kepada anggota.

B. Saran
Saran-saran yang dapat diberikan dalam rangka meningkatkan dinamika organisasi maka:
1. Perlu adanya rumusan terhadap tujuan organisasi yang lebih jelas, lebih mengarah  terhadap tindakan operasional, lebih spesifik dan konkrit serta konsisten dengan  tujuan anggota
2.  Untuk penyempurnaan struktur organisasi, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap struktur tugas  agar dimasa mendatang akan menjadi lebih baik lagi.
3. Untuk penyempurnaan terhadap proses organisasi, maka perlu dilakukan pembinaan dan perbaikan terhadap hubungan antar peran dan koordinasi agar pelaksanaan tugas lebih efektif dan tepat sasaran
4.  Keadaan individu dalam organisasi juga perlu dilakukan perbaikan terhadap semua aspek yang mempengaruhi, agar peran serta anggota baik pembina, pengurus dan karyawan dalan organisasi dapat berdaya guna dan berhasil guna.
5.  Untuk keefektifan dan memperjelas gaya kepemimpinan, perlu menggunakan gaya kepemimpinan yang tidak beroreintasi tugas saja, tetapi dikombinasikan dengan gaya kepemimpinan yang berorientasi kepada hubungan baik, dan disesuaikan dengan kondisi dan situasi organisasi tersebut.
6.  Perlu memperhatikan faktor-faktor yang menjadi  peluang  dan  ancaman  yang menjadi acuan atau fokus  terlaksanakan aktivitas  koperasi kearah lebih baik.

  DAFTAR PUSTAKA

Cushway, B dan Derek Lodge. 1995.
Organization behaviour and design. Elek
Media Komputindo. Jakarta

Denyer, J.  C. 1972. Student guide to principle
of management. The Zeus Press. Jakarta

Etzioni, A. 1985. Complex organization on
power involvement and their correlation.
The Press of Glenoe. New York.

Gibson, J.L. Ivancevich, J.M  dan Donelly, J.H.
1986. Organization, Alih bahasa :
Djoerban Wahid; Organisasi dan
manajemen : perilaku, struktur, dan
proses. Erlangga. Jakarta.

Gunawan, W. 1986. Selayang pandang tentang
organisasi, Makalah : disampaikan pada
Latihan Pengelolaan Kebun Percobaan.
Badan Litbang Pertanian. Jakarta.

Indrawijaya, dan Ibrahim A. 1978. Perilaku
organisasi. Sinar Baru. Bandung.

Kartini Kartono. 1987. Pemimpin dan
kepemimpinan. Rajawali Press. Jakarta.

Katz, D dan Khan R.C. 1970. The social
phsycology of organization.  Wiley
Eastens Private. New Delhi

Koontz, H dan C Donnal dan H.
Weichreich.1980. Management. Mc.
Graw Hill Book Company. Tokyo.

Kotler, P. 2004 Manajemen pemasaran PT
Indeks. Jakarta.

Loomis, C.P. 1964. Social system, essay on
their percistence. D Van Nostrand
Company. London.

Mahmud, S. 1990. Pengantar ekonomi mikro.
LP2ES. Jakarta.

Mardikanto, T. 1993. Penyuluhan pembangunan 
pertanian. UNS Press. Surakarta.

Mc Carthy, EJ. dan WD Perreault.  1996. 
Dasar-dasar pemasaran.  Erlangga.
Jakarta.

Mubyarto. 1994. Pengantar ekonomi pertanian.
LP3ES, Jakarta.

Nasarudin. 2000. Ekonomi produksi.
Universitas Terbuka.  Jakarta.

Saladin, D.J. 1991. Unsur-unsur inti pemasaran
dan manajemen pemasaran. Mandar
Maju, Bandung.

Schein, Edger,H. 1993. Psikologi organisasi.
Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

Siagian, R. 2003. Pengantar manajemen
agribisnis. Gajah Mada University Press,
Yogyakarta.

Slamet, M. 1978. Kumpulan bahan bacaan
penyuluhan pertanian. Edisi-III. IPB
Bogor.

Slamet, M. 1999. Catatan kuliah organisasi,
kepemimpinan dan kelompok.
Pascasarjana  IPB Bogor.

Soedijanto, P. 1980. Organisasi, kelompok dan
kepemimpinan. PGP. IPTPP. Ciawi.
Bogor.

Soekamto, S. 1993. Sosiologi suatu pengantar. 
Rajawali Press. Yogyakarta.

Soekartawi, Rusmadi dan Damaijati, E. 1993.
Resiko dan ketidakpastian dalam
agribisnis. RajaGrafindo, Jakarta.

Stewart Mitchel, A. 1998. Empowering people. 
Kanisius. Jakarta.

Stoner, J.A.F. 1980. Manajemen. Prestice
Hill.Inc. Philipiness.

Sutarto. 1985. Dasar-dasar organisasi. Gema
Press. Yogyakarta.

Swastha, B D H.  1984. Azas-azas marketing.
Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono F.   1997.Strategi pemasaran.  ANDI
Yogyakarta.

Wahyusumidjo. 1984. Kepemimpinan dan
motivasi. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Winardi. 1998.  Aspek-aspek bauran pemasaran
(marketing mix).  Mandar Maju.
Bandung.


NAMA : RACHMA ANNASTARI
NPM   : 25211695

Tidak ada komentar:

Posting Komentar