Jumat, 04 Januari 2013

REVIEW JURNAL 1.1 Ekonomi Koperasi

STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM BERKOPERASI DI SMK NEGERI 1 PATI

Oleh :
Anik Hindayani
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
sumber:
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Abstrak
Dalam organisasi strategi sangat penting digunakan, supaya usaha yang dijalankan bisa berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Besar kecilnya usaha apabila tidak didukung dengan strategi yang baik, maka hasilnya juga tidak akan memuaskan. Begitu juga dengan koperasi sekolah, yang termasuk usaha kecil, walaupun tidak berbadan hukum, yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya yaitupara siswa SMK Negeri 1 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi siwa dalam kegiatan koperasi; strategi apa yang digunakan oleh SMK N 1Pati dalam meningkatkan partipasi siswa dan sehingga koperasi sekolah “Taruna Niaga” masih tetap berjalan dengan baik. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwastrategi yang digunakan SMK Negeri1 Pati belum sepenuhnya sejalan dengan tujuan koperasi secara umum yang semestinya juga sebagai tujuan koperasi sekolahSMK Negeri 1 Pati karena yang dilibatkan dalam kegiatan koperasi sekolah hanya siswa akuntansi, tujuan koperasi sekolah secara umum yang dicapai SMK Negeri 1 Pati dengan baik adalah koperasi sekolah sebagai sarana untuk mendapatkan alat-alat kebutuhan sekolah, dan memupuk rasa cinta pada sekolah.

Abstract
The organization used the strategy is very important, so that businesses can runsuccessfully and in accordance with what is expected. The size of the business if not supported by good strategy, then the result would not be satisfactory. So the cooperative school, which includes small businesses, although not a legal entity, which aims for the welfare of its members are students of SMK Negeri 1 Pati. This study aims to analyze the participation of Siwa in cooperative activities; what strategies are used by SMKN 1 Pati in improving partipasi school students and so cooperative ”Midshipman Commerce” is still going well. The data used are the primary data collected through questionnaires. These results indicate that the strategy used SMK Negeri 1 pati not fully consistent with the goals of cooperatives in general as well as the proper purpose of the cooperative school SMK Negeri 1 Pati for a school to be involved in cooperative accounting students only, the general purpose of the cooperative school which achieved vocational State 1 Pati is a cooperative school as a means to get the tools the school needs, and foster a love of school.


Pendahuluan


Koperasi sekolah merupakan salah satu usaha untuk menumbuhkembangkan jiwa koperasi (kerja sama) kepada siswa yang kelak akan menjadi penerus pembangunan bangsa dan negara. Koperasi di sekolah menjadi sarana bagi siswa untuk melihat secara nyata ilmu dan pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Koperasi sekolah juga menjadi sarana untuk berorganisasi, menumbuhkan toleransi
dan rasa kekeluargaan.
Koperasi sekolah dibentuk berdasarkan surat keputusan antara beberapa departemen, yaitu Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional), serta Departemen Transmigrasi dan Koperasi, yang dituangkan dalam surat keputusan pada tanggal 18 juli 1972 No.275/ KPTS/ Mentraskop /72 . Didalam surat keputusan tersebut ditegaskan bahwa koperasi dapat didirikan disekolah sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Berdasarkan hasil observasi di PSAK Ambarawa dan SMA Negeri 1 Tayu, partisipasi siswa yang aktif dalam pelaksanaan kegiatan koperasi sekolah masih rendah. Semakin berkurangnya partisipasi siswa dalam berkoperasi dari tahun ketahun menyebabkan koperasi sekolah di PSAK Ambarawa dan SMA Negeri 1 Pati tidak jalan dan di ganti menjadi toko dan di kelola oleh karyawan sekolah. Seharusnya keikutsertaan siswa sebagai anggota dalam kegiatan koperasi sekolah sangat diperlukan untuk  kemajuan koperasi sekolah tersebut. Sedangkan pada saat observasi diSMK Negeri 1 Pati, keberadaan koperasi sekolah masih ada dan  siswa aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.
Di SMK Negeri 1 Pati, mempunyai tiga jurusan yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, dan penjualan. Semua siswa di SMK Negeri 1 Pati menjadi anggota koperasi sekolah, tetapi yang bertugas untuk mengelola koperasi sekolah adalah siswa akuntansi  kelas 1, Koperasi sekolah di SMK Negeri 1 Pati dikatakan cukup baik karena siswa masih aktif dalam kegiatan koperasi sekolah. Modal awal koperasi sekolah didapatkan dari pembayaran simpanan wajib setiap siswa sebesar Rp 1.000,00 melalui angsuran  SPP dan membayar simpanan pokok sebesar Rp 5.000,00 pada awal masuk sekolah.
Contohnya, setiap hari yang menjaga koperasi 4 ( empat ) orang siswa, selain melayani pembelian, penjualan, membuat daftar stok barang, siswa tersebut juga harus membuat laporan keuangan untuk diserahkan kepada bendahara koperasi sekolah.
Bentuk partisipasi siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dapat dilihat dari keikutsertaan siswa dalam permodalan koperasi sekolah, dan keikutsertaan siswa dalam kegiatan koperasi sekolah seperti bergantian menjaga koperasi sekolah sesuai dengan piket yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, membeli perlengkapan sekolah seperti buku tulis, bolpoint, pensil, penggaris, seragam, buku pelajaran, dan LKS. Guru ikutserta berpartisipasi dalam koperasi sekolah seperti membeli perlengkapan dikoperasi sekolah, memberikan masukan tentang koperasi sekolah, dan memberikan masukan pada petugas pratik.
Koperasi sekolah SMK Negeri 1 Pati dapat menjadi cerminan bagi sekolah lain yang belum memaksimalkan koperasi sekolah sebagai wadah praktik para siswa. Para siswa di SMK Negeri 1 Pati sudah mulai menyadari pentingnya berpartisipasi dalam koperasi di sekolah, sehingga koperasi sekolah bisa berkembang dengan baik. Berdasarkan uraian di atas, ada keterkaitan antara faktor - faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dengan strategi apa yang digunakan SMK Negeri 1 Pati dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam berkoperasi. 


NAMA : RACHMA ANNASTARI
NPM    : 25211695

Tidak ada komentar:

Posting Komentar