Sabtu, 05 Januari 2013

REVIEW JURNAL 2.1 Ekonomi Koperasi


ANALISIS DINAMIKA  ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN  KOPERASI SIMPAN PINJAM ETAM MANDIRI SEJAHTERA

Oleh :
 Midiansyah Effendi
Program Studi Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian,  Universitas  Mulawarman, Samarinda 75123 

sumber:
https://agribisnisfpumjurnal.files.wordpress.com/2012/03/jurnal-vol-2-no-2-midi.pdf


ABSTRACT
Dynamic of organization and leadership were very important to know progress organization to reach goal.  Progress one organization knew with use methods of dynamic and mechanic of organization where the leadership was important  factor to be role of organization. The purpose of this research were to know dynamic of organization (taxonomy, structure, process and individu) and the leadership (style, type, function and karacteristic).
This research used descriptive informational  method to 20 respondents. The result of this research showed that dynamic of organization very goodl (taxonomy, structure, process and individu). Part of organization must be change ware goal (taxonomy), structure of communication and task (structure of organization), relationship between role and coordination (process of organization), and characteristic of individu in organization. Type and style of  leadership must be combined in agreement with condition dan situation in organization.

 Keywords: dynamic, organization, leadhership

 I. PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang
                Masyarakat kita merupakan masyarakat yang terdiri dari satuan-satuan organisasi. Kita dilahirkan dalam organisasi, dididik, dibesarkan bahkan bekerjapun tidak terlepas dari organisasi, dan tidak dapat kita pungkiri hampir semua dari kita melewati masa hidup  dengan bekerja  untuk kepentingan organisasi (Etzioni, 1985).   Menurut Etzioni  (1985) bahwa peradaban modern pada hakekatnya  menunjukkan bahwa organisasi sebagai bentuk pengelompokan sosial yang paling rasional dan efisien,  sehingga dengan mengkoordinasikan  sejumlah besar tindakan  manusia, organisasi mampu menciptakan suatu alat sosial yang ampuh dan dapat diandalkan.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa manusia selalu hidup bersama (dalam kelompok atau organisasi), dan melalui hidup bersama dan bekerjasama tersebut manusia akan lebih mudah mencapai tujuan. Namun dilain pihak , sering terjadi ketidakmampuan orang bekerjasama dan gagal dalam mencapai  tujuan bersama.  
                Semakin besar dan komplek suatu organisasi, maka akan semakin besar pula tuntutan akan fasilitas, keakhlian dalam melakukakan pekerjaan  tertentu, kemampuan untuk mempengaruhi orang lain untuk berbuat sesuatu,  dan kemampuan menggunakan konsep-konsep manajemen untuk mengelola organisasi.
Dalam teori organisasi, kehidupan organisasi tidak hanya ditandai oleh adanya kegiatan interaksi anggota-anggotanya  secara perorangan ataupun secara bersama,  tetapi ditandai pula oleh adanya proses pelaksanaan fungsi-fungsi tertentu dalam organisasi (proses organisasi) yang sesuai dengan struktur yang telah ditunjukkan. Sebenarnya hal ini bersifat resiprokal (timbal balik), sebab proses organisasi akan terjadi bila ada yang menjalankannya, yakni orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut.
Seirama dengan pemikiran diatas, dan kajian permasalahan  secara konkrit, penulis merasa perlu melakukan penelitian tentang analisis organisasi dan kepemimpinan  terhadap organisasi koperasi yang berkonotasi bisnis komersial, namun mengutamakan pelayanan  sosial kepada masyarakat anggota dan masyarakat sekitar yang membutuhkan modal untuk usaha,  baik skala kecil dan menengah. Sejauh  mana organisasi ini dapat berperan ganda  sebagai lembaga ekonomi, namun tetap memperhatikan peran lembaga sosial yang membantu masyarakat anggota dan sekitar agar tetap berjalan dinamis dalam mencapai tujuan,  dan bagaimana peran pemimpin di dalamnya, maka dapat dikaji keberadaannnya dari aspek organisasi,  yakni Koperasi  Simpan Pinjam Etam Mandiri Sejahtera (Badan Hukum Nomer Analisa Dinamika Organisasi dan Kepemimpinan (Midiansyah Effendi) 15583/BH.6/XI/2003)  yang berkantor pusat  di Jalan DI.  Pandjaitan Ruko City View No. 09 Telpon/Faxcimile (0541) 771110Ko ta Samarinda Kalimantan Timur.

B. Tujuan Peneitian
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1.     Dinamika organisasi  koperasi simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera baik aspek (taksonomi, struktur, proses dan individu dalam organisasi)
2.    Faktor kepemimpinan organisasi koperasi simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera (melalui gaya kepemimpinan, jenis kepemimpinan, fungsi kepemimpinan, dan ciri kepemimpinan).

II. METODE PENELITIAN

A . Waktu dan Lokasi Penelitian
 Penelitian ini berlangsung selama 2 (dua) bulan sejak proposal ini ditulis dan  sampai dihasilkan laporannya, yaitu dari  bulan Agustus sampai September 2005, pada institusi koperasi sebagai obyek contoh;  yaitu koperasi simpan pinjam Etam Mandiri  Sejahtera yang berkantor pusat pusat di Jalan DI Pandjaitan No. 09 Ruko City View,  telepon/faksimile  (0541) 771110 Kecamatan Samarinda Utara  Kota Samarinda.

B. Metode Pengambilan Sampel

1. Mengambil sampel pihak yang terkait dengan keberadaan koperasi
                Responden untuk mengetahui dinamika organisasi dan kepemimpinan  koperasi simpan pinjam dilakukan secara purposive atau sengaja, yaitu pihak yang terlibat langsung dengan  keberadaan dan operasional langsung koperasi koperasi, dan pihak-pihak yang dianggap layak untuk memberikan keterangan yang diperlukan. Sampel terdiri atas 10 orang yang termasuk pembina dan pengurus, dan 5 orang karyawan koperasi yang terlibat paling lama dalam kegiatan dan pelaksanaan operasional koperasi.

 2. Mengambil sampel pihak pengguna jasa koperasi, yang juga anggoa koperasi
 Responden diambil berdasarkan sampel kejadian (Accidental  sampling) saat penelitian dilaksanakan, yaitu  para pengguna jasa atau anggota koperasi yang ditemui dan membutuhkan jasa pelayanann koperasi, sebanyak 5 orang, sehingga total keseluruhan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 (dua puluh) orang.

C. Rancangan penelitian
 Penelitian ini dirancang sebagai penelitian survai yang bertujuan menjelaskan fenomena di masyarakat dan diarahkan untuk menjelaskan fakta dan kejadiann yang ada dan bersifat deskriptif-informatif,  dan berusaha menjelaskan kejadian sesuai fakta yang ada di lapangan yang sifatnya mencari keterangan-keterangan berkaitan dengan keberadaan dan operasional koperasi sehingga menjadi organisasi yang berkembang dan dinamis. Tujuan metode survai  menurut Singarimbun (1986;8) selain mengumpulkan data yang bersifat sederhana, juga dapat bersifat menerangkan atau menjelaskan (to explain), yakni mempelajari fenomena sosial yang terjadi dengan mengamati hubungan variabel penelitian. Penelitian yang bersifat deskriptif-informatif  menjelaskan fenomena yang terjadi secara logis dan informatif yang sifatnya mencari keterangan-keterangan yang berhubungan antar variabel dan diinformasikan secara deskriptif sambil mencari hubungan-hubungan antar  variabel amatan, disamping akhirnya mencari kesimpulan dari kajian yang diamati, dimana kekuatan dan kelemahan yang harus ditindak-lanjuti menjadi rekomendasi obyektif (Miles dan Huberman, 1992).

D. Metode Analisis Data
                Kedinamisan organisasi dan kepemimpinan koperasi simpan pinjam Etam Mandiri Sejahtera diketahui dengan melakukan analisa sebagai berikut :
1. Analisa skoring berdasarkan ciri dari masing-masing items yang telah ditentukan mencakup (Taksonomi Organisasi,  Struktur Organisasi, Proses Organisasi, dan Individu dalam Organisasi, serta Kepemimpinan dalam Organisasi), dilakukan dengan skala Likert dengan jenjang skor terendah 1 (satu)  dan tertinggi 5 (lima).
2  Analisa SWOT dengan melihat komponen-komponen kekutan, kelemahan, peluang dan ancaman yang teridentifikasi, untuk melihat-hal hal yang mungkin berperan untuk menentukan pertimbangan strategis,  terhadap pemecahan  masalah yang harus diatasi  demi perbaikan organisasi lebih lanjut.


NAMA : RACHMA ANNASTARI
NPM   : 25211695

Tidak ada komentar:

Posting Komentar