STRATEGI PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM BERKOPERASI DI SMK NEGERI 1 PATI
Oleh :
Anik Hindayani
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
sumber:
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Anik Hindayani
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
sumber:
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Abstrak
Dalam organisasi strategi sangat penting digunakan, supaya usaha yang
dijalankan bisa berhasil dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Besar kecilnya usaha
apabila tidak didukung dengan strategi yang baik, maka hasilnya juga tidak akan
memuaskan. Begitu juga dengan koperasi sekolah, yang termasuk usaha kecil,
walaupun tidak berbadan hukum, yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya yaitupara siswa SMK Negeri 1 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
partisipasi siwa dalam kegiatan koperasi; strategi apa yang digunakan oleh SMK
N 1Pati dalam meningkatkan partipasi siswa dan sehingga koperasi sekolah
“Taruna Niaga” masih tetap berjalan dengan baik. Data yang digunakan adalah data
primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwastrategi yang digunakan SMK Negeri1 Pati belum sepenuhnya sejalan dengan
tujuan koperasi secara umum yang semestinya juga sebagai tujuan koperasi
sekolahSMK Negeri 1 Pati karena yang dilibatkan dalam kegiatan koperasi sekolah
hanya siswa akuntansi, tujuan koperasi sekolah secara umum yang dicapai SMK
Negeri 1 Pati dengan baik adalah koperasi sekolah sebagai sarana untuk mendapatkan
alat-alat kebutuhan sekolah, dan memupuk rasa cinta pada sekolah.
Abstract
The organization used the strategy is very important, so that businesses
can runsuccessfully and in accordance with what is expected. The size of the
business if not supported by good strategy, then the result would not be
satisfactory. So the cooperative school, which includes small businesses,
although not a legal entity, which aims for the welfare of its members are students
of SMK Negeri 1 Pati. This study aims to analyze the participation of Siwa in
cooperative activities; what strategies are used by SMKN 1 Pati in improving
partipasi school students and so cooperative ”Midshipman Commerce” is still
going well. The data used are the primary data collected through
questionnaires. These results indicate that the strategy used SMK Negeri 1 pati
not fully consistent with the goals of cooperatives in general as well as the
proper purpose of the cooperative school SMK Negeri 1 Pati for a school to be
involved in cooperative accounting students only, the general purpose of the
cooperative school which achieved vocational State 1 Pati is a cooperative
school as a means to get the tools the school needs, and foster a love of school.
Pendahuluan
Koperasi sekolah merupakan salah
satu usaha untuk menumbuhkembangkan jiwa koperasi (kerja sama) kepada
siswa yang kelak akan menjadi penerus pembangunan bangsa dan negara.
Koperasi di sekolah menjadi sarana bagi siswa untuk melihat secara nyata
ilmu dan pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Koperasi sekolah juga menjadi sarana untuk berorganisasi, menumbuhkan toleransi
dan rasa kekeluargaan.
Koperasi sekolah dibentuk
berdasarkan surat keputusan antara beberapa departemen, yaitu Depertemen
Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional),
serta Departemen Transmigrasi dan Koperasi, yang dituangkan dalam
surat keputusan pada tanggal 18 juli 1972 No.275/ KPTS/ Mentraskop /72 .
Didalam surat keputusan tersebut ditegaskan bahwa koperasi dapat didirikan
disekolah sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta,
atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya.
Berdasarkan hasil observasi di PSAK
Ambarawa dan SMA Negeri 1 Tayu, partisipasi siswa yang aktif dalam pelaksanaan
kegiatan koperasi sekolah masih rendah. Semakin
berkurangnya partisipasi siswa dalam berkoperasi dari tahun ketahun
menyebabkan koperasi sekolah di PSAK Ambarawa dan SMA Negeri 1 Pati tidak
jalan dan di ganti menjadi toko dan di kelola oleh karyawan sekolah.
Seharusnya keikutsertaan siswa sebagai anggota dalam kegiatan koperasi
sekolah sangat diperlukan untuk kemajuan koperasi
sekolah tersebut. Sedangkan pada saat observasi diSMK Negeri 1 Pati, keberadaan
koperasi sekolah masih ada dan siswa aktif dalam
kegiatan koperasi sekolah.
Di SMK Negeri 1 Pati, mempunyai
tiga jurusan yaitu akuntansi, administrasi perkantoran, dan penjualan.
Semua siswa di SMK Negeri 1 Pati menjadi anggota koperasi sekolah,
tetapi yang bertugas untuk mengelola koperasi sekolah adalah siswa
akuntansi kelas 1, Koperasi sekolah di SMK
Negeri 1 Pati dikatakan cukup baik karena siswa masih aktif dalam kegiatan
koperasi sekolah. Modal awal koperasi sekolah didapatkan dari pembayaran
simpanan wajib setiap siswa sebesar Rp 1.000,00 melalui angsuran SPP dan membayar simpanan pokok sebesar Rp 5.000,00 pada awal
masuk sekolah.
Contohnya, setiap hari yang menjaga koperasi
4 ( empat ) orang siswa, selain melayani pembelian, penjualan, membuat
daftar stok barang, siswa tersebut juga harus membuat laporan keuangan
untuk diserahkan kepada bendahara koperasi sekolah.
Bentuk partisipasi siswa dalam
berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dapat dilihat dari keikutsertaan siswa
dalam permodalan koperasi sekolah, dan keikutsertaan siswa dalam kegiatan
koperasi sekolah seperti bergantian menjaga koperasi sekolah sesuai dengan
piket yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, membeli perlengkapan
sekolah seperti buku tulis, bolpoint, pensil, penggaris, seragam, buku
pelajaran, dan LKS. Guru ikutserta berpartisipasi dalam koperasi sekolah
seperti membeli perlengkapan dikoperasi sekolah, memberikan masukan
tentang koperasi sekolah, dan memberikan masukan pada petugas pratik.
Koperasi sekolah SMK Negeri 1 Pati
dapat menjadi cerminan bagi sekolah lain yang belum memaksimalkan koperasi
sekolah sebagai wadah praktik para siswa. Para siswa di SMK Negeri 1
Pati sudah mulai menyadari pentingnya berpartisipasi dalam koperasi di sekolah,
sehingga koperasi sekolah bisa berkembang dengan baik. Berdasarkan uraian
di atas, ada keterkaitan antara faktor - faktor yang mempengaruhi
partisipasi siswa dalam berkoperasi di SMK Negeri 1 Pati dengan
strategi apa yang digunakan SMK Negeri 1 Pati dalam meningkatkan
partisipasi siswa dalam berkoperasi.
NAMA : RACHMA ANNASTARI
NPM : 25211695
Tidak ada komentar:
Posting Komentar